Rabu, 24 November 2010

Microsoft silverlight


Microsoft Silverlight

Microsoft Silverlight adalah kerangka kerja aplikasi web dengan tujuan agar multimedia, grafik komputer, animasi dan interaktifitas dapat dijalankan dalam waktu yang bersamaan. Pertama kali dirilis sebagai plug-in untuk video streaming, kemudian pada versi berikutnya Silverlight ditambahkan fitur interaktifitas dan mendukung komponen bahasa CLI juga development tools. Versi 4 telah dirilis pada bulan April 2010. Fitur-fitur di Silverlight sama dengan apa yang dimiliki oleh Adobe Flash.

Silverlight adalah sebuah platform pengembangan yang kuat untuk menciptakan menarik, pengalaman pengguna interaktif untuk Web, desktop, dan aplikasi mobile ketika online atau offline.

Microsoft Silverlight kekuatan menarik, pengalaman pengguna interaktif dimanapun web bekerja.

Silverlight adalah sebuah platform pengembangan yang kuat untuk menciptakan aplikasi yang kaya media dan aplikasi bisnis untuk desktop Web,, dan perangkat mobile.

Silverlight adalah plug-in gratis didukung oleh NET framework. Yang kompatibel di beberapa browser, perangkat dan sistem operasi untuk membawa tingkat baru interaktivitas di mana pun bekerja Web. Dengan dukungan untuk integrasi data tingkat lanjut, multithreading, video HD menggunakan IIS Smooth Streaming, dan dibangun dalam perlindungan konten, Silverlight memungkinkan aplikasi online dan offline untuk berbagai skenario bisnis dan konsumen.

Libatkan pengguna lama dan membuat yang paling anda isi dengan fitur-fitur interaktif dan video streaming high-definition disampaikan melalui hidup dan on-demand IIS Smooth Streaming.

Membangun pengguna "buzz" dan membedakan diri dengan kemampuan yang inovatif, seperti Deep Zoom dan Pivot, yang mendorong batas-batas interaktivitas dan visualisasi data, dan menyediakan cara-cara baru untuk menyajikan merek Anda.

Silverlight memungkinkan aplikasi berbasis web untuk memberikan fungsi bisnis dengan permintaan pengguna, modern UI efisien sementara aman berinteraksi dengan file desktop, perangkat, data dan aplikasi seperti Microsoft Office.

Powerful Technology

Membangun pada aplikasi Microsoft alat pengembangan industri-kekuatan dan platform yang mempromosikan stabilitas, skalabilitas, kehandalan, dan kinerja.

Memberikan melibatkan pengalaman melalui semua browser utama di Mac, Windows, dan sistem operasi Linux klien, perangkat mobile seperti Windows, Telepon 7 Nokia Series 60 dan kotak set top.

Perluas browser pengalaman ke desktop dan perangkat dengan inovatif, server alat dan kerangka kerja.

Enhanced Results

Mengembangkan bisnis Anda, produktivitas Anda, dan keuntungan Anda dengan teknologi dan alat-alat yang memberikan nilai luar biasa dan mengakomodasi model bisnis yang sesuai dengan perusahaan Anda yang terbaik.

Panggilan pada jutaan pengembang yang ada dan ribuan bisnis sudah akrab dengan perkembangan NET. Untuk membantu menciptakan dan menyebarkan aplikasi Silverlight.

Membuat aplikasi berbasis web yang kaya yang cepat mengintegrasikan dengan sistem yang sudah ada back-end. Mudah meningkatkan ada Web dan situs SharePoint dengan secara bertahap menambahkan komponen Silverlight.

APA ITU MICROSOFT SILVERLIGHT ?

Udah pada kenal sama Adobe flash dong? iya dong ? iya kan, iya kan ? , udah akrab sama flash player kan? itu lho yang buat jalanin file multimedia presentasi dalam browser. nah, Microsoft mulai bikin tandingannya nih buat aplikasi flash, namanya Microsoft Silverlight. Silverlight bisa dibilang konsepnya mirip dengan flash., kalau di flash menggunakan OO Action script programming, sedangkan di Silverlight menggunakan language .Net seperti VB.Net dan C#.Net.

saat ini versi terakhir Silverlight adalah Silverlight 1.1, Membutuhkan .Net Framework 3.0. Dilengkapi dekungan BCL (Base Class Library) .Net framework yang disisipan ke dalam silverllight seperti collections, reflection, regular expressions, string handling dan data access. Pastinya akan memudahkan programmer-programmer .Net untuk membuat aplikasi dalam platform ini.

Silverlight 1.1 didistribusikan dengan Dynamic Language Runtime yang memudahkan dalam proses kompilasi dan eksekusi dynamic scripting language.

languages yang tersedia untuk DLRnya adalah Managed JScript dan IronPython 2.0. Microsoft sendiri juga sedang mengembangakan IronRuby dan Dynamic Visual Basic. Ke-4 bahasa ini saling membagi infrastruktur yang untuk mengijinkan Silverlight melakukan proses kompilasi dan eksekusi source code yang ditulis programmer. Kebalikan dengan .Net Languages yang biasanya harus di kompile di awal dan dideliverkan ke SilverLight sebagai .NET Assemblies.

Sekilas Tentang Silverlight

Silverlight adalah sebuah kerangka kerja (framework) untuk aplikasi web. Fungsinya rada mirip Adobe Flash. Ia mengintegrasikan multimedia, grafis, animasi, dan interaktivitas ke dalam sebuah lingkungan beroperasi yang tunggal.

Awalnya, Silverlight diciptakan sebagai sebuah plugin untuk menayangkan video di situs web. Namun pada versi-versi selanjutnya Silverlight memiliki fitur interaktivitas, serta mendukung bahasa CLI dan tool untuk pengembangan aplikasi.

Silverlight ini bisa dipakai di berbagai peramban yang ada di Internet saat ini, termasuk pada komputer berbasis Linux dan Mac OS X. Versi paling anyar akan mendukung ponsel pintar berbasis Symbian dan Windows Phone 7.

Sebetulnya ada banyak perubahan yang dilakukan Microsoft pada peranti lunak ini. Namun, ada beberapa fitur yang menarik untuk dipaparkan di sini.

Selain mampu me-render HTML, Silverlight 4 telah mendukung peramban Chrome dari Google. Kalangan pengembang dapat melakukan pengaturan dan pengelolaan sendiri terhadap area dan bar judul pada Chrome tersebut di jendela.

Tool pada Visual Studio akan mempermudah pengaturan dan pengelolaan tersebut. Termasuk pembuatan client untuk Facebook yang menarik.

Peranti lunak itu sudah mendukung kamera web dan mikrofon, klik kanan dan roda pada tetikus, pencetakan, akses keyboard secara penuh meski sedang bekerja pada moda layar penuh, dan akses ke folder dokumen lokal.

Dukungan lain adalah pada notifikasi untuk menampilkan pesan, meningkatkan efek animasi, clipboard dan drag-and-drop, multi-sentuhan, serta tampil pada layar lebih dari satu. Selain itu, ia mampu memproteksi format video H.264 dan memainkan berkas multimedia yang dilindungi DRM secara offline.

Bagi para pengembang, Silverlight menawarkan beberapa fitur, antara lain RichTextBox, yang sebelumnya dikenal dengan nama RichTextArea. Pengontrol baru ini mampu menyunting dan menampilkan teks yang kaya.

Silverlight versi baru ini mendukung bahasa yang lebih luas, termasuk Thai dan Vietnam. Skripnya sudah mendukung berbagai skrip India, seperti Bengali, Assam, Manipuri, Oriya, Malayalam, Kannada, Tamil, Telugu, Gujarati, Punjabi, Hindi, Marathi, Sanskrit, Konkani, Kashmiri, Nepal, dan Sindhi.

Nah, salah satu yang diperhatikan publik dari peluncuran Silverlight 4 ini adalah, akankah ia didukung oleh ponsel pintar? Pada 2008, tersiar kabar bahwa Silverlight bisa dioperasikan oleh ponsel pintar berbasis Windows Mobile 6.

Namun, kenyataannya, Microsoft tak pernah mewujudkan hal itu. Microsoft rupanya ingin mewujudkannya di Windows Phone 7, dan beberapa fitur baru yang disebutkan sebelumnya mengindikasikan hal tersebut secara jelas.

Selain mampu menampilkan video dan audio berkualitas tinggi, penelusuran foto, serta animasi, Silverlight mendukung Accelerometer, multisentuhan, kamera dan mikrofon, penunjuk lokasi, notifikasi Push, serta fungsi ponsel yang lazim.

Selain itu, Microsoft telah menawarkan toolkit pengembangan Windows Phone 7 bagi para pengembang secara gratis. Toolkit ini berupa paket yang termasuk Silverlight, Expression Blend for Windows Phone, dan pratinjau Microsoft Visual Studio 2010 Express.

Nokia juga berencana menanamkan Silverlight di ponselnya. Perusahaan ponsel ini telah mengumumkan rencananya mengadopsi Silverlight 4 pada ponselnya yang berbasis Symbian S60 dan tablet Nokia.

Overview

Silverlight menyediakan sistem saldo modus grafis mirip dengan Windows Presentation Foundation, dan mengintegrasikan multimedia, grafik, animasi dan interaktifitas ke dalam lingkungan runtime tunggal. Dalam Silverlight aplikasi, user interface dinyatakan dalam Extensible Application Markup Language (XAML) dan diprogram menggunakan subset dari NET Framework.. XAML dapat digunakan untuk menandai vektor grafis dan animasi. Silverlight juga dapat digunakan untuk membuat gadget Windows Sidebar untuk Windows Vista.

Silverlight mendukung video H.264, Advanced Audio Coding, Windows Media Video (WMV), Windows Media Audio (WMA) dan MPEG Layer III (MP3) konten media di semua browser yang didukung tanpa memerlukan Windows Media Player, Windows Media Player ActiveX control atau Windows Media browser plug-in. Karena Windows Media Video 9 adalah sebuah implementasi dari Society of Motion Picture dan Television Engineers (SMPTE) VC-1 standar, Silverlight juga mendukung VC-1 video. Menurut perjanjian lisensi pengguna akhir VC-1 dan H.264 hanya lisensi untuk "penggunaan pribadi dan non-komersial konsumen". Silverlight, sejak versi 3, mendukung pemutaran video H.264.

Silverlight memungkinkan untuk secara dinamis beban Extensible Markup Language (XML) konten yang dapat dimanipulasi melalui antarmuka (DOM) Dokumen Object Model, suatu teknik yang konsisten dengan teknik Ajax konvensional. Silverlight memperlihatkan objek Downloader yang dapat digunakan untuk men-download konten, seperti script, aset media atau data lain, yang mungkin diperlukan oleh aplikasi. Dengan versi 2, logika pemrograman dapat ditulis dalam bahasa BERSIH., Termasuk beberapa turunan dari umum bahasa pemrograman dinamis seperti IronRuby dan IronPython.

VERSIONS

Silverlight 1

Sebuah aplikasi Silverlight 1.0 host di Internet Explorer. Interaktivitas disediakan oleh Silverlight, tetapi user kontrol input adalah HTML kontrol overlay di atas Silverlight konten

Silverlight 1, yang dikembangkan dengan kode Windows Presentation Foundation / Di mana-mana (WPF / E) dan dirilis pada tahun 2007, terdiri dari kerangka presentasi inti, yang bertanggung jawab untuk antarmuka pengguna (UI), interaktivitas dan masukan pengguna, kontrol dasar UI , grafis dan animasi, media playback, Manajemen hak digital (DRM), dan integrasi DOM. Hal ini terdiri dari komponen-komponen berikut:

Input-penanganan input dari perangkat seperti keyboard, mouse, dll stylus

UI mengelola core-render gambar bitmap (termasuk gambar raster terkompresi seperti Joint Photographic Group (JPEG) Ahli) grafik vektor,, teks dan animasi.

Media-pemutaran MP3, WMA Standar, WMV7, WMV8 dan WMV9/VC-1 sungai.

XAML-untuk memungkinkan tata letak UI yang akan dibuat menggunakan bahasa markup XAML.

Sebuah aplikasi Silverlight dimulai dengan menerapkan kontrol Silverlight dari HyperText Markup Language (HTML) halaman, yang kemudian memuat sebuah file XAML. File XAML berisi objek kanvas, yang bertindak sebagai wadah untuk unsur lainnya. Silverlight menyediakan berbagai primitif geometri seperti garis, elips dan bentuk lainnya, untuk elemen seperti teks, gambar, dan media, dll elemen benar diposisikan untuk mencapai tata letak yang diinginkan. Setiap bentuk sewenang-wenang dapat dibuat juga. Elemen-elemen ini dapat memicu animasi menggunakan Event, beberapa efek animasi yang telah ditetapkan, orang lain dapat dibuat sebagai gabungan dari efek pre-defined. Acara seperti gerakan keyboard atau mouse juga dapat meningkatkan Acara yang dapat ditangani oleh script kustom.

Program manipulasi UI dicapai dengan menggunakan bahasa scripting untuk memodifikasi Document Object Model objek kanvas Silverlight. Untuk memfasilitasi ini, Silverlight memaparkan sebuah aplikasi DOM programming interface (API), diakses dari bahasa scripting yang didukung oleh Silverlight, yang dalam versi 1 rilis terbatas pada JavaScript berjalan di browser. Namun, tidak ada built in widget UI Widget asli dari browser harus dilakukan overlay di atas kanvas Silverlight untuk input pengguna. Dukungan untuk format data terbatas pada XML dan JavaScript Object Notation (JSON) saja.

Silverlight 2

Sebuah Silverlight 2 aplikasi host di Internet Explorer. Versi 2 membawa peningkatan interaktivitas dan dukungan untuk beberapa asli. NET bahasa dan alat pengembangan

Silverlight 2 (sebelumnya disebut sebagai versi 1.1) mencakup versi NET Framework, menerapkan penuh sama Common Language Runtime (CLR) versi NET Framework 3.0,.. Sehingga dapat mengeksekusi program yang ditulis dalam bahasa BERSIH.. (Secara default, namun Anda tidak dapat majelis referensi disusun dengan teratur NET Framework.. Berbeda CLR yang disertakan dengan NET Framework versi 3.5 dan sebelumnya, tapi seperti. NET Framework 4.0,. Beberapa contoh CoreCLR termasuk dalam Silverlight dapat di host di satu proses.

Dengan ini, markup layout XAML file (file XAML.) dapat ditambah dengan kode-kode di belakang, ditulis dalam bahasa NET, yang berisi logika pemrograman.. Hal ini dapat digunakan untuk memanipulasi baik pemrograman aplikasi Silverlight dan halaman HTML yang host kontrol Silverlight The markup XAML,. dan juga kode, dikompilasi ke dalam. rakitan NET yang kemudian dikompresi menggunakan ZIP dan disimpan dalam file xap..

kapal Silverlight dengan perpustakaan kelas ringan yang mencakup fitur-fitur seperti kontrol diperluas, XML Web Services, jaringan komponen dan (LINQ) Bahasa Integrated Query API. Perpustakaan kelas ini adalah bagian dari, dan jauh lebih kecil dari, NET Framework Base Class Library (BCL).. kode Silverlight berjalan di bak pasir, sehingga mencegah pemanggilan API platform.

Silverlight 2 Arsitektur

Versi NET Framework. Di Silverlight menambahkan subset dari Windows Presentation Foundation (WPF) UI-programming model, termasuk dukungan untuk bentuk, dokumen, media dan objek animasi dari WPF. Beta 2 dan seterusnya, itu kapal dengan lebih dari 30 kontrol UI (termasuk TextBox, kotak centang, Slider, ScrollViewer, dan kontrol Kalender), untuk mendukung dua arah penyatuan data, manajemen layout otomatis (dengan cara StackPanel, Grid, dll) serta sebagai kontrol data-manipulasi, seperti Datagrid dan ListBox. kontrol UI adalah skinnable menggunakan pendekatan berbasis template. Pihak ketiga perpustakaan set UI-kontrol diperluas juga tersedia.


Satu set Silverlight kontrol diberikan dengan kulit yang berbeda

Termasuk BCL menyediakan kelas untuk koleksi, refleksi, regular expressions, string handling dan akses data. Ini juga mendukung LINQ, dengan dukungan penuh untuk LINQ Objects untuk dan pohon ekspresi. Hampir semua System.Linq dan ruang nama System.Linq.Expression terkena. Ini juga mendukung serialisasi objek, untuk data ketekunan. Silverlight dapat menangani data dalam Really Simple Syndication (RSS) atau format JSON, selain XML. The BCL memberikan peningkatan dukungan untuk bekerja dengan data XML, termasuk XmlReader dan kelas XmlWriter. Silverlight 2 juga mendukung pemrograman asynchronous melalui penggunaan perpustakaan threading.


Silverlight juga mencakup kelas untuk akses data melalui layanan Web berbasis XML, Negara Transfer (REST), Windows Communication Foundation (WCF) Jasa dan ADO.NET Data Services. Dukungan jaringan di Silverlight dapat digunakan oleh Silverlight aplikasi untuk berkomunikasi menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), atau di tingkat stopkontak yang lebih rendah. Cross-domain komunikasi yang didukung. Silverlight menggunakan file konfigurasi berbasis XML untuk mengontrol domain-lintas kebijakan sumber daya-akses, baik untuk koneksi HTTP dan soket. Hal ini dapat digunakan oleh administrator situs untuk mengontrol sumber daya sebuah aplikasi Silverlight dapat mengakses, jika aplikasi yang tidak berasal dari domain situs. Selain itu, Silverlight juga mendukung Adobe Flash Cross-domain kebijakan format file. soket Silverlight hanya dapat memulai koneksi, mereka tidak bisa mendengarkan koneksi.

Silverlight 2 termasuk Dynamic Language Runtime (DLR) yang memungkinkan kompilasi dinamis dan pelaksanaan dinamis (scripting) bahasa. Kompiler untuk bahasa berdasarkan DLR (termasuk IronPython dan IronRuby) yang dikemas dengan aplikasi Bahasa Dinamis dalam paket xap.. Dynamic Bahasa software development kit (SDK) termasuk web server bernama Chiron, yang secara dinamis dapat membuat paket semua dependensi untuk aplikasi Bahasa Dinamis dan melayani ke browser. Bahasa mendatang pertama ditulis untuk DLR adalah Managed JScript, IronPython 2.0, dan IronRuby. Microsoft juga berencana untuk membangun Visual Basic BERSIH 10.0. (VBx) pada DLR tersebut. Semua empat bahasa berbagi infrastruktur yang sama, untuk memungkinkan Silverlight untuk mengkompilasi dan mengeksekusi sumber bahasa. bahasa NET Sebaliknya, lainnya. harus dikompilasi depan-of-waktu dan dikirim ke Silverlight sebagai. rakitan BERSIH. Pelaksanaan Managed JScript sesuai dengan spesifikasi 3.0 ECMAScript, dan Microsoft menegaskan bahwa itu adalah 250 kali lebih cepat daripada ditafsirkan JScript.

Sebuah interpreter Python di Silverlight 2 host di Mozilla Firefox

Dengan integrasi NET Framework., Silverlight juga memungkinkan interaksi kode HTML-dikelola, yang memungkinkan manipulasi elemen HTML DOM dari kode dikelola, dan izin kode JavaScript untuk memanggil kode dikelola dan objek menggunakan instantiated oleh kode dikelola. Silverlight JavaScript membungkus benda dan unsur-unsur DOM di bungkus berhasil membuat mereka tersedia dari kode dikelola. Sementara tidak ada ketentuan untuk memanggil kode JavaScript secara langsung dalam rilis alpha 1.1, dikelola-kode kejadian dapat api penangan JavaScript. Sebuah contoh Silverlight tidak perlu memiliki komponen UI untuk memanipulasi DOM HTML dari kode dikelola. Hal ini dilakukan dengan membuat kanvas XAML dengan baik lebar dan tinggi ditetapkan ke nol, dan menggunakan kode-kode di belakang untuk memodifikasi Document Object Model dari halaman HTML melalui API dalam namespace System.Browser.


Silverlight 2 meliputi Deep Zoom, sebuah teknologi yang berasal dari Microsoft Live Labs 'Seadragon. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memperbesar ke, atau keluar dari, sebuah gambar (atau kolase gambar), dengan transisi mulus, menggunakan roda mouse. Gambar-gambar bisa skala dari 2 atau 3 megapiksel dalam resolusi ke kisaran gigapixel, tetapi pengguna tidak perlu menunggu untuk di-download seluruhnya, melainkan hanya men-download Silverlight bagian dalam tampilan, dioptimalkan untuk tingkat zoom yang dilihat. Beta 2 dan seterusnya, Deep Zoom menggunakan format file berbasis XML.


Sebuah aplikasi menggunakan Silverlight 2 DeepZoom, berjalan di Safari 3.1, pada Windows XP

Media fitur pada Silverlight 2 meliputi:

WMA Profesional dukungan, termasuk WMA 10 mode bitrate rendah Pro. Namun, multi-channel konten audio masih turun-dikonversi menjadi output stereo.

perlindungan Konten didukung oleh Microsoft DRM PlayReady klien.

Server-side playlist pada Windows Media Services.

Sumber Stream Media API.

Sumber Media Stream API bertanggung jawab untuk memungkinkan adaptif streaming media. Adaptive streaming memungkinkan aplikasi pemutar untuk memilih bit rate dari media berbasis pada bandwidth client tersedia dan unit pemrosesan pusat (CPU) sumber daya. Sumber Media Streaming memungkinkan pengembang untuk menentukan metode kebiasaan mengambil data media, satu-satunya persyaratan adalah bahwa video dan audio stream final akan disampaikan kepada Silverlight runtime dalam format yang dapat Silverlight decode (VC-1, H.264, WMA, MP3, dll). Hal ini memungkinkan dukungan diperluas untuk dinyatakan native format file yang tidak didukung (misalnya MP4, Matroska, ogg), protokol (yaitu Shoutcast) dan metode penyampaian (yaitu adaptif streaming, peer-to-peer (P2P)). Microsoft pertama publik memamerkan Media Sumber Stream oleh powering situs NBC Olimpiade dengan penerapan mereka sendiri adaptif streaming.


Silverlight 2 juga memungkinkan akses filesystem terbatas pada aplikasi Silverlight. Hal ini dapat menggunakan file asli sistem operasi kotak dialog untuk browse ke file apapun (yang pengguna memiliki akses). File tersebut dibersihkan informasi jalan, untuk mencegah aplikasi dari mendapatkan akses ke informasi seperti nama pengguna, dan dapat dibuka hanya dalam modus read-only. Untuk penyimpanan data lokal, Silverlight menyediakan terisolasi penyimpanan lokal (isostorage), yaitu, di luar cache browser, dalam folder tersembunyi di dalam folder pengguna-profil pribadi. Hal ini di set ke 1 MB per URL secara default, tetapi hal ini dapat diubah oleh pengguna. Data yang disimpan oleh sebuah aplikasi Silverlight di isostorage diidentifikasi oleh URL dari yang beban, dan dapat diakses oleh aplikasi saja. Semua contoh saham Silverlight isostorage yang sama, sehingga semua contoh aplikasi Silverlight yang sama dapat berbagi data yang disimpan, bahkan jika mereka berjalan pada browser yang berbeda.


Silverlight CoreCLR menggunakan model keamanan atribut berbasis, sebagai lawan model (CAS) Kode Keamanan Akses dari versi desktop NET Framework.. Sidang ditandai dengan atribut keamanan, yang dapat transparan (SecurityTransparentAttribute), safecritical (SecuritySafeCriticalAttribute) atau kritis (SecurityCriticalAttribute). Metode dalam majelis transparan berjalan dengan kepercayaan parsial, dan kode dalam rakitan tersebut tidak dapat memanggil metode kritis (metode yang dapat menyebabkan perubahan system-wide); tidak dapat majelis transparan berisi kode diverifikasi (menggunakan C tidak aman # pointer kata kunci atau menggunakan) atau memanggil fungsi sistem melalui P / Invoke. Kode di kedua majelis kritis dan safecritical berjalan dengan kepercayaan penuh, dan karenanya tidak tunduk pada pembatasan-pembatasan. Namun, metode transparan dapat memanggil metode safecritical, dan metode safecritical dapat memanggil metode kritis. Dalam kasus seperti itu, metode safecritical akan memverifikasi bahwa panggilan itu adalah aman dan dalam hak-hak terbatas pemanggil, jika demikian, maka metode safecritical proxy akan memanggil dengan metode kritis diminta. Bahkan, API IsoStorage yang terkena sebagai metode safecritical. Majelis yang tidak ditentukan atribut keamanan dijalankan sebagai metode transparan. Analog keterbatasan juga berlaku untuk jenis-warisan, yaitu dalam kasus panggilan virtual-metode dan panggilan antarmuka-metode. rakitan Silverlight dapat berisi anggota yang tidak dapat digunakan oleh CoreCLR, asalkan mereka bisa diproses oleh NET Framework CLR;. metode tersebut tidak akan dimuat saat perakitan sedang dilaksanakan oleh CoreCLR. Namun, kode platform hanya diperbolehkan untuk ditandai sebagai kritis atau safecritical. Runtime Silverlight memastikan bahwa majelis platform hanya diambil dari direktori instalasi Silverlight, dan digital ditandatangani oleh Microsoft. Ini secara efektif berarti bahwa pengguna-aplikasi rakitan hanya dapat kode transparan (berjalan di bawah kepercayaan parsial dan hak-hak terbatas). Kode platform dapat ditandai dengan atribut baik. Metode BCL dari NET Framework., Yang mempunyai atribut set Internet, yang memungkinkan mereka untuk dipanggil dari kode dipercaya berasal dari Internet, terbuka di Silverlight BCL sebagai metode transparan.

Silverlight 3

3 Silverlight diumumkan pada Konvensi Penyiaran Internasional (IBC) 2008 menunjukkan di Amsterdam pada tanggal 12 September 2008. Hal ini diresmikan pada MIX09 di Las Vegas pada 18 Maret 2009. Sebuah versi beta dibuat tersedia untuk di-download hari yang sama. Versi terakhir dirilis Juli 9, 2009.

Silverlight 3 mencakup peningkatan jumlah kontrol-termasuk tetapi tidak terbatas pada Datagrid, TreeView, panel berbagai tata letak, DataForm untuk aplikasi bentuk-driven dan DataPager untuk melihat data paginasi. Beberapa kontrol dari Silverlight Toolkit. Selain itu, Silverlight 3 mencakup kerangka navigasi untuk membiarkan aplikasi Silverlight menggunakan model navigasi hyperlink serta memungkinkan deep-linking (menghubungkan langsung ke halaman spesifik) dalam aplikasi Silverlight.

Di depan media, Silverlight 3 mendukung Advanced Audio Coding (AAC) decoding audio serta video decoding hardware-accelerated H.264. Silverlight 3 juga menawarkan 1080p streaming. Pipa multimedia asli juga pemrograman terbuka, sehingga format lain juga bisa didukung oleh pihak ketiga menggunakan decoder kode dikelola. Silverlight 3 mendukung 3D perspektif yang memungkinkan transformasi 3D 2D elemen. Transformasi ini, serta operasi 2D banyak seperti peregangan, alpha blending dll akselerasi perangkat keras. Custom animasi, termasuk mengubah dan campuran, dapat dibuat pada elemen Silverlight menggunakan High Level Shader Language (HLSL) untuk memanfaatkan pixel shader. Sebuah bitmap API disediakan untuk membiarkan Silverlight 3 aplikasi memanipulasi bitmap. Silverlight sekarang menggunakan graphics processing unit (GPU) untuk mempercepat komposisi Visual Pohon (seperti WPF, Silverlight unsur sesuai dengan unsur-unsur Visual, yang jika digabungkan dengan informasi tata letak, membentuk Komposisi Pohon atau Visual Tree yang kemudian diberikan untuk membentuk tampilan akhir, lihat arsitektur WPF). pohon Visual kini dapat di-cache, ini meningkatkan performa dalam kasus seperti transformasi, yang menciptakan banyak negara membuang-away menengah, dengan tidak membuat transisi negara di pohon Visual utama. Silverlight 3 sekarang juga mendukung render teks ClearType.

Sebuah Silverlight 3 aplikasi yang mendemonstrasikan akses file lokal.

elemen UI di Silverlight 3 mendukung elemen-elemen untuk-mengikat-yang memungkinkan satu unsur untuk terikat dengan keadaan unsur lain, serta mekanisme validasi untuk data mengikat. Tidak seperti Silverlight 2, yang memungkinkan aplikasi untuk menyimpan file hanya pada isostorage lokal, Silverlight 3 aplikasi dapat disimpan ke setiap lokasi pada sistem file melalui sistem dialog Save File. Namun, path dimana file tersebut disimpan masih akan disembunyikan dari aplikasi Silverlight. Setiap rakitan eksternal digunakan oleh aplikasi Silverlight yang terlalu cache sehingga mereka tidak perlu redownloaded untuk instantiations berikutnya dari aplikasi Silverlight 3 juga mencakup LocalConnection API untuk berkomunikasi (menggunakan model gaya pipa bernama) di antara beberapa aplikasi yang berjalan pada mesin yang sama, terlepas dari browser dan dapat memantau untuk acara konektivitas jaringan. Silverlight 3 opsional dapat menggunakan XML Biner untuk berkomunikasi dengan layanan WCF.

Silverlight 3 mendukung Out-pengalaman-Browser, yakni, Silverlight aplikasi dapat diinstal ke sistem untuk akses offline (menyediakan manifest aplikasi ini dirancang untuk memungkinkan instalasi lokal) di mana mereka berjalan di luar browser. Mereka yang diluncurkan dengan menggunakan Start Menu atau cara pintas desktop, dan berjalan tanpa jendela browser. Aplikasi dapat memeriksa apakah mereka sedang berjalan di dalam browser atau tidak. Ketika berjalan di luar browser, HTML Interop dinonaktifkan. Selain itu, akses ke Keys Fungsi diaktifkan. Aplikasi yang diinstal secara lokal Silverlight masih berjalan di bak pasir.

Diinstal Silverlight 3 aplikasi secara otomatis memeriksa pembaruan asynchronously pada setiap peluncuran dan pembaruan secara otomatis diinstal. contoh Menjalankan aplikasi yang diinformasikan saat pembaruan tersedia. Silverlight 3 sekarang terdaftar sebagai persyaratan untuk eFiling pengembalian pajak penghasilan gratis di Amerika Serikat.

Silverlight 4

Pada 18 November, 2009 di Professional Developers Conference di Los Angeles, Microsoft Corporation meluncurkan versi beta Silverlight 4. Versi final dirilis pada tanggal 15 April 2010 (bersama dengan Silverlight 4 alat-alat untuk pengembang). Sebuah update untuk Silverlight (4.0.50524.0) telah dirilis pada tanggal 3 Juni 2010. Fitur baru di Silverlight 4 meliputi:

Dukungan untuk browser Google Chrome.

Web cam dan dukungan mikrofon.

Percetakan dukungan.

Peningkatan dukungan termasuk dukungan mouse tombol kanan dan dukungan mouse wheel.

dukungan pemberitahuan Baru untuk menampilkan pesan kepada pengguna akhir.

Baru dan kontrol ditingkatkan seperti RichTextBox dan kontrol Datagrid ditingkatkan.

Baru dukungan untuk dengan tema implisit dari kontrol.

New host mendukung browser untuk rendering HTML di dalam Silverlight.

lapisan data WCF perangkat tambahan.

Lokalisasi perangkat tambahan dengan teks bi-directional.

Dukungan untuk Kerangka Ekstensibilitas Dikelola.

Enhanced data pendukung mengikat.

Enhanced efek animasi.

Clipboard dan drag and drop dukungan.

Deep Zoom kinerja perangkat tambahan.

WCF Rich Internet aplikasi (RIA) Layanan.

Konten perlindungan untuk H.264 dan dukungan untuk memutar media offline yang dilindungi DRM.

Selain itu, fitur berikut ini disediakan untuk out-of-browser (lokal terpasang) Silverlight aplikasi yang telah secara eksplisit diberikan "terpercaya" status:

akses Keyboard lengkap saat menjalankan dalam modus layar penuh.

Program akses ke folder dokumen lokal pengguna.

Dukungan untuk lokal (COM) objek Component Object Model.


Silverlight Search Engine Optimation

Silverlight menggunakan format ZIP file sebagai format wadah untuk aplikasi Silverlight (lihat di atas), dan file yang terdapat dalam applet Silverlight sehingga dapat diakses oleh setiap pembaca ZIP standar. Silverlight konten dirancang dan disimpan dalam format XAML terbaca-manusia, yang didasarkan pada XML, standar berbasis teks yang berasal dari bahasa markup yang sama seperti HTML. Semua teks didefinisikan dalam file XAML, seperti paragraf keterangan teks atau tombol, adalah dalam format Unicode standar, dan bisa diurai sebagai teks biasa oleh pembaca XML atau teks umum parsing utilitas. Oleh karena itu, setiap mesin pencari ZIP-aware mampu parsing XML atau plaintext sewenang-wenang dihiasi mampu konten Silverlight pengolahan. Namun, seperti situs, termasuk situs JavaScript-driven, konten yang dihasilkan oleh kode yang tidak dapat diakses untuk SEO.

Silverlight's ZIP dan aksesibilitas XML berbasis standar starkly kontras dengan Flash, yang menggunakan khusus format non-standar yang spesifikasi hanya tersedia dari vendor (Adobe), dan di mana mesin pencari seperti Google yang tergantung pada teknologi eksklusif untuk berinteraksi dengan Flash konten.


terimakasih kepada:

sumber sumber terkait saya...

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090110021842AAmBvcH

http://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Silverlight

http://weblogs.asp.net/scottgu/pages/silverlight-tutorial-part-3-using-networking-to-retrieve-data-and-populate-a-datagrid.aspx

http://www.silverlight.net/learn/books/

http://disitu.com/index.php?option=com_content&task=view&id=52

http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2010/04/11/brk,20100411-239458,id.html

http://www.microsoft.com/silverlight/what-is-silverlight/

http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Microsoft_Silverlight&action=edit

http://translate.google.com/#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar